banner

Jumat, 08 Juni 2012

PKMGT - Pertanian


A.    JUDUL PROGRAM
DETEKTOR PENGAMAT PUTUSNYA REL SEBAGAI ANTISIPASI TERJADI KECELAKAAN KERETA API
B.    LATAR BELAKANG MASALAH
Ilmu dan teknologi telah menjadi satu kesatuan dengan proses pembangunan. Berbagai macam inovasi dan terobosan ilmu dan teknologi, termasuk dibidang informasi dan kendali elektronika, hampir menjadi agenda rutin para ilmuwan dan anggota masyarakat lainnya. Teknologi hanya dimaksudkan sebagai seperangkat alat, pengetahuan manusia dan kelembagaan sosial-ekonomi untuk melaksanakan suatu ikhtiar dan usaha. Pada sisi produksi, teknologi itu dapat berupa suatu proses produksi atau bagaimana faktor-faktor produksi (input) dikombinasikan untuk menghasilkan suatu produk (output).
Perubahan teknologi, dengan demikian, dapat diartikan sebagai perubahan cara mengkombinasikan faktor produksi tadi. Sementara itu, produktivitas dimaksudkan sebagai suatu ukuran efisiensi yang berupa rasio produk dengan faktor produksi tertentu. Inovasi atau perubahan teknologi biasanya mampu meningkatkan tingkat produksi sekaligus produktivitasnya (Arifin Bustanul, 2001).
Perkembangan IPTEK dewasa ini sangat pesat, sehingga banyak bermunculan peralatan-peralatan yang serba otomatis. Seiring dengan itu pula diproduksi peralatan-peralatan yang berteknologi tinggi untuk kepentingan dan kesejakteraan manusia. Peralatan-peralatan tersebut dalam pemakaian makin efektif dan efisien, dengan demikian makin sedikit memerlukan tenaga manusia dan selebihnya digerakkan dengan kontrol listrik otomatis.
Mikrokontroler sebagai suatu terobosan teknologi yang hadir untuk memenuhi kebutuhan pasar dan teknologi baru. Pada perkembangannya penggunaan mikrokontroler tidak semata-mata untuk kepentingan dunia industri tapi juga digunakan untuk membantu pekerjaan kita sehari-hari sehingga pekerjaan kita menjadi lebih ringan dan menyenangkan.
Salah satu aplikasi dari mikrokontroler yang hendak kami buat adalah sebuah Detektor Pengamat Putusnya Rel Sebagai Antisipasi Terjadi Kecelakaan Kereta Api.  Alat ini akan bekerja jika rel terputus. Saat rel terputus maka sensor akan mengirim sinyal ke mikorokontroler untuk membunyikan sebuah alarm yang akan disampaikan ke panel kontrol. Detektor ini diharapkan dapat menghindarkan terjadi kecelakaan dan perampokan rel.
Detektor Pengamat Putusnya Rel Kereta ini juga dilengkapi dengan sensor yang akan memberikan informasi pada jarak berapa rel putus. Dengan adanya sensor tersebut diharapkan proses pelacakan putusnya rel dapat cepat ditemukan dan dapat mencegah kereta api melintas ke arah jalur rel tersebut agar tidak terjadi kecelakaan.

C.    PERUMUSAN MASALAH
Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan diatas, maka timbul beberapa perumusan masalah, antara lain sebagai berikut :
1.     Bagaimana menciptakan suatu alat yang mampu mencegah terjadinya kecelakaan kereta api akibat terputusnya rel.
2.     Bagaimana sistem kerja dari alat Detektor Pengamat Putusnya Rel Kereta Api dengan Mikrokontroler AT89S52 untuk mengantisipasi kecelakaan kereta api.
3.     Bagaimana membuat teknologi tepat guna khususnya dalam bidang teknologi informasi dan kendali yang dapat bermanfaat bagi Pemerintah dan masyarakat.

D.    TUJUAN PROGRAM
Program kreativitas ini mempunyai tujuan utama adalah sebagai berikut :
1)     Menciptakan suatu alat yang mampu mencegah dan akan bahaya kecelakaan kereta api akibat peristiwa pencurian rel kereta api .
2)     Memberikan solusi dan kemudahan bagi Departemen Perhubungan dan perusahaan pengelola kereta api dalam upaya mengurangi munculnya korban kecelakaan kereta api.
3)     Bagaimana membuat teknologi tepat guna khususnya dalam bidang teknologi informasi dan kendali yang dapat bermanfaat bagi Pemerintah dan masyarakat.
4)     Meningkatkan kreativitas mahasiswa dalam pengembangan IPTEKS.

E.    LUARAN YANG DIHARAPKAN
Luaran yang diharapkan dalam program ini adalah :
1)     Terciptanya suatu karya teknologi yang inovatif produktif yang dibutuhkan oleh kelompok masyarakat maupun kelompok produktif lainnya.
2)     Menghasilkan suatu produk paten berupa prototipe yang bermanfaat bagi Departemen Perhubungan dan perusahaan pengelola kereta api dalam upaya mengurangi munculnya korban kecelakaan kereta api.
3)     Menciptakan hubungan dan kerja sama terhadap mitra kerja, yakni Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, Pemerintah Kota, Departemen Perhubungan dan Pihak swasta penanam modal bagi pengembangan transportasi darat terutama pengelola kereta api.
4)     Meningkatnya kreativitas mahasiswa dalam rangka bereksperimen dan menemukan hasil karya inovatif yang bermanfaat bagi masyarakat khususnya dalam bidang informasi dan komunikasi.
5)     Memantapkan jati diri intelektual mahasiswa sebagai cerminan masyarakat ilmiah. 

F.     KEGUNAAN PROGRAM
Ada beberapa kegunaan dari program ini, antara lain sebagai berikut :
1)     Dapat mengurangi rasa bimbang (was-was) dengan terciptanya rasa ketenangan serta kenyamaan akan bahaya kecelakaan bagi masyarakat dalam bertransportasi di kereta api.
2)     Membantu Departemen Perhubungan dan Pihak swasta penanam modal bagi pengembangan transportasi darat terutama pengelola kereta api dalam rangka tersedianya sarana perlengkapan keamanan yang otomatis, efektif dan efisien.
3)     Meningkatkan kreativitas dan penalaran mahasiswa sebagai cerminan masyarakat ilmiah yang bertitik tolak pada pemantapan budaya akademik yang mengarah kepada terciptanya suasana akademik yang kondusif.

G.   TINJAUAN PUSTAKA
1.     Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dalam bidang informasi dan kendali.
Ilmu dan teknologi telah menjadi satu kesatuan dengan proses pembangunan. Berbagai macam inovasi dan terobosan ilmu dan teknologi, termasuk dibidang informasi dan kendali elektronika, hampir menjadi agenda rutin para ilmuwan dan anggota masyarakat lainnya. Sadar atau tidak, kebanyakan negara-negara dunia ketiga memang sangat sukar untuk diharapkan menjadi ujung tombak pertemuan atau inovasi ilmu dan teknologi baru, terutama dibidang informasi dan kendali. Pelembagaan dan penerapan ilmu dan teknologi baru tersebut di kalangan para mahasiswa atau katakanlah masyarakat awam sama sulitnya dengan “sosialisasi” penelitian dan pengembangan ilmu dan teknologi informasi dan kendali di kalangan para ilmuwan itu sendiri.
Teknologi hanya dimaksudkan sebagai seperangkat alat, pengetahuan manusia dan kelembagaan sosial-ekonomi untuk melaksanakan suatu ikhtiar dan usaha. Pada sisi produksi, teknologi itu dapat berupa suatu proses produksi atau bagaimana faktor-faktor produksi (input) dikombinasikan untuk menghasilkan suatu produk (output). Perubahan teknologi, dengan demikian, dapat diartikan sebagai perubahan cara mengkombinasikan faktor produksi tadi. Sementara itu, produktivitas dimaksudkan sebagai suatu ukuran efisiensi yang berupa rasio produk dengan faktor produksi tertentu. Inovasi atau perubahan teknologi biasanya mampu meningkatkan tingkat produksi sekaligus produktivitasnya (Arifin, Bustanul, 2001).
2.     Komponen Pendukung Rancang Bangun Alat

Regulator 7805 dan 7809

Seri 78xx regulator tegangan dengan tiga terminal, dapat menghasilkan berbagai tegangan tetap. Dengan demikian dapat digunakan dalam jelajahan penerapan yang lebar. Salah satu penerapannya adalah peregulasian lokal tanpa terlibat dalam persoalan-persoalan yang menyangkut peregulasian tunggal. Tegangan-tegangan yang diperloleh memungkinkan regulator untuk dipakai dalan sistem-sistem logika, instrumentasi dan peralatan elektronik. Meskipun semula dirancang sebagai regulator tegangan tetap, namun akan dapat juga diperoleh tegangan-tegangan dan arus-arus variabel dengan tambahan komponen ekstren. Disini penulis menggunakan LM 7805 untuk menghasilkan tegangan yang konstan sebesar + 5 Volt DC. (http://www.datasheetcatalog.com/datasheets_pdf/78/0/5/7805.html).
Gambar 1. Regulator IC 78xx
Mikrokontroller AT89S51
Mikrokontroler atau mikroprosesor adalah suatu piranti yang digunakan untuk pengolahan data-data biner (digital) yang didalamnya merupakan gabungan dari rangkaian-rangkaian elektronik yang dikemas dalam bentuk suatu chip IC (Integrated Circuit). AT89S51 adalah 8 bit mikrokontroller dengan 4 Kilobyte flash EPROM dengan basis HCMOS dan bekerja dengan tegangan catu yang sangat rendah. Peralatan ini diproduksi ATMEL menggunakan teknologi yang memorinya tidak mudah terhapus dalam kompatible dengan instruksi set MCS-51. Dengan menggunakan 8 bit CPU dengan flash memori pada sekeping chip maka ATMEL AT89S51 adalah mikrokomputer handal yang sangat fleksibel untuk sistem kontrol dengan tawaran yang lebih murah. AT89S51 memberikan feature standard sebagai berikut :
1.     Kompatibel dengan produk keluarga MCS5 TM 1 .
2.     4 Kilobyte flash memori yang dapat diprogram ulang (mampu diisi ulang sampai dengan 1000 kali).
3.     128 x 8 bit Timer/Counter.
4.     32 buah jalur I/O.
5.     Dua buah 16 bit Timer/Counter.
6.     Dua buah sumber interupsi.
7.     Analog comparator yang sangat presisi.
8.     Tegangan kerja antara 2,7 dan 6 Volt.
9.     Fully Static Operation dari 0 Hz sampai 33 MHz.
10.  Watchdog Ttimer.
11.  Serial UART channel yang dapat diprogram.
12.  Output mampu menggerakkan LED secara langsung.
13.  Low Power Idle dan Power Down Modes.
(http://www.datasheetcatalog.com/datasheets_pdf/A/T/8/9/AT89S51.html).
Dalam pengembangannya AT89S51 dirancang dengan logika statis untuk bekerja pada frekuensi mendekati nol dan mendukung oleh dua mode Saving Power yang terkendali oleh software. Mode Idle menghentikan CPU (Central Processing Unit) sementara RAM, timer/counter, serial port dan sistem interupsi terus bekerja. Mode Power Down menyimpan data RAM dan menghentikan osilator secara menonaktifkan fungsi-fungsi chip yang lain sampai terdapat reset dari luar.
Konfigurasi pin (Gambar.2) dan penjelasannya adalah seperti dibawah ini :
Gambar 2. Konfigurasi pin AT 89S51

Gambar 3. Blok Diagram AT 89S51.
Gambar 2. diatas memperlihatkan susunan kaki AT89S51, susunan kaki ini sama persis dengan AT89C51. Memori merupakan bagian yang sangat penting bagi mikrokontroler, diperlukan 2 macam memori yang sifatnya berbeda. Read Only Memori (ROM) yang isinya tidak berubah meskipun IC kehilangan catu daya, dipakai untuk menyimpan program, begitu di-reset mikrokontroller akan langsung bekerja dengan program dalam ROM tersebut. Sesuai dengan keperluannya, dalam susunan MCS-51 memori penyimpan program ini dinamakan sebagai Memori Program. Random Acces Memori (RAM) isinya akan sirna begitu IC kehilangan catu daya, dipakai untuk menyimpan data pada saat program bekerja.
1.     Port 0.
Port 0 merupakan port pararel 8 bit dua arah. Posisi Low Significant Bit (LSB) terletak pada pin 39 dan Most Significant Bit (MSB) teletak pada pin 32.
2.     Port 1.
Port 1 terdiri dari 8 bit jalur I/O dua arah. Pin 1.2 sampai P1.7 menyediakan internal Pull-up sedaangkan P1.1 membutuhkan external pullup. P1.0 juga dipakai sebagai Input Positif (AINO) dan P1.1 sebagai input negatif (AINI) dari komparator analog yang terdapat dalam chip. Penyangga output port 1 bisa menghasilkan arus 20 mA dan bisa menggerakkan tampilan LED secara langsung. Port 1 juga bisa digunakan sebagai input dengan memberikan logika 1 pada pinnya. Saat P1.2 sampai P1.7 digunakan sebagai input dan diberikan logika rendah maka mereka akan menghasilkan arus (H I )karena internal pull-up dari pin tersebut. Port 1 juga menerima kode data pada saat pemograman dan pemeriksaan flash. Posisi Low Significant Bit (LSB) terletak pada pin 1 dan Most Significant Bit (MSB) teletak pada pin 8.
3.     Port 2.
Port 1 terdiri dari 8 bit jalur I/O dua arah. Pin 2.2 sampai P1.2 menyediakan internal Pull-up sedangkan P2.1 membutuhkan external pullup. P1.0 juga dipakai sebagai Input Positif (AINO) dan P1.1 sebagai input negatif (AINI) dari komparator analog yang terdapat dalam chip. Penyangga output port 2 bisa menghasilkan arus 20 mA dan bisa menggerakkan tampilan LED secara langsung. Port 2 juga bisa digunakan sebagai input dengan memberikan logika 1 pada pinnya. Saat P1.2 sampai P1.7 digunakan sebagai input dan diberikan logika rendah maka mereka akan menghasilkan arus (H I )karena internal pull-up dari pin tersebut. Port 1 juga menerima kode data pada saat pemograman dan pemeriksaan flash. Posisi Low Significant Bit (LSB) terletak pada pin 21 dan Most Significant Bit (MSB) teletak pada pin 28.
4.     Port 3.
Pin-pin P3.0 sampai P3.7 pada port 3 adalah 7 buah pin I/O dua arah dengan internal Pull-up. Port P3.6 tertanam dalam chip sebagai input dan terhubung ke output Komparator Analog dan tidak bisa dipakai sebagai pin I/O dengan tujuan umum. Penyangga Output Port 3 bisa menghasilkan arus 20 mA. Port 3 juga bisa digunakan sebagai input dan saat diberi logika rendah maka ia akan menghasilkan arus (H I) karena Internal Pull-up. Port 3 juga berfungsi untuk bermacam feature khusus dari AT89S51 sebagai berikut:
Tabel 1. Fungsi Alternatif pin-pin Port 3.

PIN
FUNGSI ALTERNATIF
P 3.0
RXD ( Serial Input Port )
P 3.1
TXD (Serial Output Port)
P 3.2
INT0 (External Interupt 0)
P 3.3
INT1 (External Interupt 1)
P 3.4
T0 (Timer 0 external input)
P 3.5
T1 (Timer 1 external input)

5.     Reset (RST).
Semua jalur I/O akan direset menjadi logika 1 saat input RST mendapat logika tinggi. Menahan pin RST tinggi untuk dua siklus mesin pada saat osilator bekerja akan mereset peralatan. Tiap siklus mesin membutuhkan 12 siklus clock atau osilator.
6.     XTAL 1.
Input untuk penguat inverting osilator dan input untuk rangkaian pengoperasian internal clock.
7.     XTAL 2.
Output dari penguat inverting osilator.
(Suhata, S.T, 2005).
Sensor
Sensor adalah suatu alat yang dapat mengubah besaran fisik seperti temperatur, gaya, kecepatan putaran, dan cahaya menjadi besaran listrik yang sebanding. Agar sensor dapat bekerja lebih baik dan tepat haruslah memiliki persyaratan sebagai berikut :
a)     Kepekaan, yaitu sensor harus dipilih sedemikian rupa pada nilai-nilai masukan yang ada dapat diperoleh keluaran yang cukup besar.
b)     Stabilitas waktu, yaitu untuk menentukan masukan tertentu, sensor harus dapat memberikan keluaran yang tetap nilainya dalam waktu yang lama.
Sensor itu sendiri terdiri atas tranduser dengan atau tanpa penguat/pengolah sinyal yang terbentuk dalam suatu sistem pengindra. Dalam lingkungan sistem pengendali, sensor memberikan kesamaan yang menyerupai mata, pengindraan, hidung, lidah yang kemudian akan diolah oleh kontroler sebagai otaknya (Irawan, Agus, 1996).
Sensor LDR
Dalam perancangan penguat sensor suara ini, rangkaian yang dipergunakan adalah penguat satu transistror yang diumpankan ke IC LB1403 rangkaiannya adalah sebagai berikut.









Gambar 4. Sensor LDR
Relay
Relay adalah suatu peralatan elektronik yang berfungsi untuk memutuskan atau menghubungkan suatu rangkaian elektronik yang satu dengan rangkaian elektronik yang lainnya, contoh pada rangkaian pengontrol motor mengunakan relay. Pada dasarnya relay adalah saklar elektromagnetik yang akan bekerja apabila arus mengalir melalui kumparan, inti besi akan menjadi magnet dan akan menarik kontak-kontak relay. Kontak-kontak dapat ditarik apabila garis magnet dapat mengalahkan gaya pegas yang melawannya. Besarnya gaya magnet yang ditetapkan oleh medan yang ada pada celah udara pada jangkar dan inti magnet, dan banyaknya lilitan kumparan, kuat arus yang mengalir atau disebut dengan inperal lilitan dan pelawan magnet yang berada pada sirkuit pemagnetan. Untuk memperbesar kuat medan magnet dibentuk suatu sirkuit.
Kontak-kontak atau kutub-kutub dari relay umumnya memiliki tiga dasar pemakaian yaitu :
1.     Bila kumparan dialiri arus listrik maka kontaknya akan menutup dan disebut sebagai kontak Normally Open ( NO ).
2.     Bila kumparan dialiri arus listrik maka kontaknya akan membuka dan disebut dengan kontak Normally Close ( NC ).
3.     Tukar-sambung Change Over (CO), relay jenis ini mempunyai kontak tengah yang normalnya tertutup tetapi melepaskan diri dari posisi ini dan membuat kontak dengan yang lain bila relay dialiri listrik.
Berikut ini memperlihatkan beberapa bentuk kontak dari sebuah relay :
Gambar 5. Jenis Kontruksi Relay

Sifat – sifat relay :
a.      Impedansi kumparan, biasanya impedansi ditentukan oleh tebal kawat yang digunakan serta banyaknya lilitan. Biasanya impedansi berharga 1–50 K? guna memperoleh daya hantar yang baik.
b.     b. Kuat arus yang digunakan untuk menggerakkan relay, biasanya arus ini diberikan oleh pabrik. Relay dengan perlawanan kecil memerlukan arus besar sedangkan relay dengan perlawanan besar memerlukan arus yang kecil.
c.      Tegangan yang diperlukan untuk menggerakkan relay.
d.     Daya yang diperlukan untuk mengoperasikan relay besarnya sama dengan nilai tegangan dikalikan arus.
e.      Banyaknya kontak-kontak jangkar dapat membuka dan menutup lebih dari satu kontak sekaligus tergantung pada kontak dan jenis relaynya. Jarak antara kontak-kontak menentukan besarnya tegangan maksimum yang diizinkan antara kontak tersebut.
(Irawan, Agus, 1996).
H.    METODE PELAKSANAAN PROGRAM
Sebelum membuat rancang bangun alat, langkah awal yang dilakukan adalah merencanakan sistem yang akan diterapkan terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar rancang bangun alat yang kita buat nantinya benar-benar merupakan suatu sistem otomatisasi yang sesuai dengan sistem kontrol yang diinginkan.
1.     Perancangan Alat
a.     Flow Chart
(Terlampir).
b.     Blok Diagram
(Terlampir).
c.      Gambar Komponen Rangkaian
      (Terlampir)
2.     Pembuatan Alat
      (Terlampir).
I.      JADWAL KEGIATAN PROGRAM


No

Kegiatan
Bulan
I
II
III
IV
V
1
2.

3.
4.
5.
6.
Perancangan Alat
Persiapan dan Pengadaan Bahan Alat
Pembuatan Alat
Pengujian Alat
Penyusunan Laporan
Penyerahan Laporan Akhir
XXXX


XXXX

XXXX

XX



XXXX
XXXX
XXXX




XX
XXXX
XXXX







XX

XX

J.     NAMA DAN BIODATA KETUA SERTA ANGGOTA KELOMPOK
Ketua Pelaksana Kegiatan
Nama                                      : Arifudin anwar
N I M                                      : 5350305025
Fakultas/Jurusan                     : FT / Teknik Elektro (D3)
Semester                                 : V
Waktu untuk Kegiatan PKM  : 3 jam/minggu
No. HP                                    : 08122897925
E-mail                                     : anwar_cancer @plasa.com
Anggota Pelaksana
            Anggota 1
Nama                                      : Akhmadi Setyawan
N I M                                      : 5350305012
Fakultas/Jurusan                     : FT / Teknik Elektro (D3)
Semester                                 : V
Waktu untuk Kegiatan PKM  : 3 jam/minggu


Anggota 2
Nama                                      : Setyo Prajoko
N I M                                      : 4401405101
Fakultas/Jurusan                     : MIPA / Biologi S1
Semester                                 : V
Waktu untuk Kegiatan PKM  : 3 jam/minggu

K.    NAMA DAN BIODATA DOSEN PENDAMPING
1.     Nama                                         : Drs. I Made Sudana, M.Pd.
2.     NIP.                                            : 131404314
3.     Jabatan Struktural                     : Dosen Teknik Elektro
4.     Fakultas/Program Studi            : Fakultas Teknik / Teknik Elektro
5.     Perguruan Tinggi                       : UNNES
6.     Bidang Keahlian                        : Sistem Kendali
7.     Waktu untuk Kegiatan PKM     : 3 jam/minggu

L.    BIAYA
  1. Rekapituasi Biaya
Tabel 2. Rekapitulasi Biaya
No
Jenis Pengeluaran
Jumlah
1.
2.
3.
4.
5,
Pembuatan Alat
Dokumentasi
Transportasi
Penyusunan Laporan
Lain-lain
Rp. 5.098.000,00
Rp.    325.000,00
Rp.    350.000,00
Rp.    400.000,00
Rp.      60.000,00

  1. Rincian Pengeluaran
Pembuatan Alat
a.      Papan Akrelik                                                 Rp  1.000.000,00
b.     Komponen Elektronika
1)     Resistor                                                     Rp       50.000,00
2)     Potensiometer                                           Rp.      20.000,00
3)     Transistor                                                 Rp.      75.000,00
4)     Kapasitor                                                  Rp.      75.000,00
5)     Thyristor                                                   Rp.      25.000,00
6)     Dioda                                                        Rp.    100.000,00
7)     IC                                                              Rp.    200.000,00
8)     Relay                                                         Rp.      80.000,00
9)     Transformator                                          Rp.    200.000,00
10) Saklar                                                        Rp.      10.000,00
c.      Voltmeter                                                       Rp.    400.000,00
d.     Amperemeter                                                  Rp.    400.000,00
e.      LCD                                                                Rp.    400.000,00
f.      MCB                                                               Rp.    100.000,00
g.     Otomatik Sekring                                           Rp.    100.000,00
h.     Papan PCB                                                      Rp.      20.000,00
i.       Larutan Feri Chlorit (Fe2ClO3)                      Rp.      8.000,00
j.       Tenol                                                               Rp.      10.000,00
k.     Solder                                                             Rp.      25.000,00
l.       Atractor                                                          Rp.      20.000,00
m.   LDR @ 50.000,00                                           Rp.    200.000,00
n.     Alarm                                                              Rp.    400.000,00
o.     LM35 4 @ Rp.25.000,00                                Rp.    100.000,00
p.     Plat seng @ Rp. 50.000,00                             Rp.    100.000,00
q.     Box                                                                 Rp.    250.000,00
r.      Mur + Baut                                                     Rp.      30.000,00
s.      Kabel                                                              Rp.    75.000,00
t.       Sistem MinimumAT89S51                            Rp.    400.000,00
Jumlah                                                            Rp. 4.873.000,00

Dokumentasi
a.      Roll film 3 @Rp 25.000,00                            Rp.       75.000,00
b.     Cuci cetak                                                       Rp.     250.000,00      
Jumlah                                                            Rp.     325.000,00

Transportasi
a.      Pra Kegiatan                                                   Rp.        50.000,00
b.     Pelaksanaan Kegiatan                                    Rp.      200.000,00
c.      Pasca Kegiatan                                               Rp.      100.000,00
Jumlah                                                            Rp.      350.000,00

Penyusunan Laporan
a.      Kertas A4 2 @ Rp 25.000,00                         Rp.        50.000,00
b.     Tinta Printer 2 @ Rp 25.000,00                     Rp.        50.000,00
c.      Penggandaan                                                   Rp.      150.000,00
d.     Pengarsipan                                                    Rp.      150.000,00
Jumlah                                                            Rp.      400.000,00

Lain-lain                                                               Rp.        60.000,00

Jumlah pengeluaran                                            Rp    6.008.000,00















M.   DAFTAR PUSTAKA

Arifin, Bustanul.2001.”Spektrum Kebijakan Pertanian Indonesia: telaah struktur, kasus, dan alternatif strategi”. Jakarta: Erlangga,2001, hal 27-33.

Achyanto, Djoko, 1990, Mesin-mesin Listrik, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Budiharto. Widodo. 2004.  Interfacing dan Mikrokomputer.  Jakarta PT Elex Media Komputindo.

Frank D. Petruzella. 1996. Elektronik Industri. Yogyakarta. Andi Yogyakarta.

Irawan, Agus, 1996, Pintar Elektronika Jilid 1, CV. Bahagia, Batang.

Suhata, S.T, 2005, Aplikasi Mikrokontroler Sebagai Pengendali Peralatan Elektronik Via Line Telepon, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.

http://www.datasheetcatalog.com/datasheets_pdf/78/0/5/7805.html.


http://www.national.com/pdf/LM/LM35.html#Datasheet.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar